1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Profile

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) merupakan salah satu unit pelaksana teknis di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang pendidikan jasmani dan bimbingan konseling pada jenjang satuan pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK, dengan wilayah kerja berskala nasional. Berlokasi di Jalan Raya Parung Nomor 420 Lebakwangi Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, telpon nomor (0251) 615531, 614478, 617310, faximile (0251) 615531, e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya Saat ini memiliki potensi sumber daya manusia berjumlah 131 orang, dan berbagai fasilitas penunjang pendidikan berupa ruang kelas, ruang sidang kapasitas kecil, sedang dan besar, perpustakaan, laboratorium bimbingan konseling, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, asrama bertingkat, wisma, sarana olah raga (indoor-outdoor), fasilitas ICT, komputer (hardware dan software) dan berbagai media pembelajaran lainnya.

Sejarah berdirinya lembaga ini diawali tahun 1992, dengan operasionalnya suatu lembaga bernama Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Keguruan, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen), Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0529/O/1990 tanggal 14 Oktober 1990. Pada awal berdirinya, PPPG Keguruan melaksanakan tugas dan fungsinya pertama kali tahun 1993 dengan diselenggarakannya penataran guru bimbingan dan penyuluhan (sekarang bimbingan dan konseling) SMP, SMA/SMK. Kemudian pada tahun 1995 memperoleh kepercayaan melaksanakan pendidikan dan pelatihan bidang metodologi pembelajaran untuk guru TK dan SD, serta pendidikan jasmani dan kesehatan untuk guru pendidikan jasmani SMP, dan SMA.

Perkembangan lebih lanjut, sebelum akhirnya berubah nama menjadi PPPPTK Penjas dan BK, seiring dengan dibentuknya Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK), pada tahun 2005 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 31 tahun 2005, PPPG Keguruan tidak lagi dibawah Ditjen Dikdasmen, namun menjadi bagian pembinaan dari Ditjen PMPTK.

Pada tanggal 13 Pebruari 2007 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 8 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, PPPG Keguruan resmi berubah nama menjadi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) dengan tugas utama adalah melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan jasmani dan bimbingan konseling.

Pada tanggal 12 Juni 2012 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 41 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan terjadi perubahan dalam struktur organisasi serta PPPPTK tidak lagi berada dibawah Ditjen PMPTK, namun menjadi bagian pembinaan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP). Dalam melaksanakan tugasnya, PPPPTK Penjas dan BK menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling SD, SMP, SMA, dan SMK;
  2. Pengelolaan data dan informasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling SD, SMP, SMA, SMK;
  3. Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling SD, SMP, SMA, SMK;
  4. Pelaksanaan kerja sama di bidang pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan;
  5. Evaluasi program dan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling SD, SMP, SMA, SMK;
  6. Pelaksanaan urusan administrasi PPPPTK.

Operasionalisasi PPPPTK Penjas dan BK berjalan pada rambu-rambu visi yang akan dicapai yakni menjadi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling yang profesional dan berwawasan internasional.

Sebagai institusi yang memiliki tugas dan fungsi pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan jasmani dan bimbingan konseling, lembaga ini mempunyai peran sentral dalam memberdayakan dan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan tersebut. Peran ini pada akhirnya diharapkan dapat turut meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Mencermati besarnya tanggung jawab yang diemban oleh PPPPTK Penjas dan BK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, sudah barang tentu secara internal dituntut untuk senantiasa meningkatkan kompetensi, akuntabilitas dan kredibilitasnya baik ditinjau dari segi keseluruhan kelembagaan, maupun dari segi individu personilnya.

Untuk memperoleh hasil (outcome) yang optimal dalam menyelenggarakan fungsinya guna memenuhi tuntutan dan kepuasan pelanggan, PPPPTK Penjas dan BK pada tahun 2007 bertekad melaksanakan tugasnya secara profesional dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Dalam rangka ini, PPPPTK Penjas dan BK akan mengembangkan dan memberdayakan seluruh sumber daya yang ada dengan memenuhi semua persyaratan sistem manajemen mutu dan senantiasa melakukan perbaikan dan penyempurnaan yang berkesinambungan.

Agenda

Agenda Diklat Tahun 2012

Pengembangan Kemitraan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Kemitraan PKB Penjas dan BK melalui Bimbingan Teknis KKG, MGMP, MGBK

NCT Penilaian Kinerja Guru Bimbingan Konseling

Diklat Teknis BK bagi Guru Kelas SD

Diklat Fungsional Guru BK SMP

Diklat Fungsional Guru Penjas SD

Diklat Fungsional Guru Penjas SMP

Diklat PCT Penilaian Kinerja Guru BK Wilayah Jawa Tengah, DIY, Jatim (DIY)

Diklat PCT Penilaian Kinerja Guru BK Wilayah Jawa Barat (Bandung)

Diklat PCT Penilaian Kinerja Guru BK Wilayah Sumatera Utara (Medan)

Diklat Pengembangan Profesi Penulisan Karya Tulis Ilmiah (WI)

Pra Diklat E-Training Guru Penjas dan Guru BK

Diklat E-Training Guru Penjas dan Guru BK

Diklat Pengawas Sekolah Propinsi DKI Jakarta

Diklat Pengawas Sekolah Propinsi Jambi

Diklat Pengawas Sekolah Propinsi Sumatera Selatan

Diklat Pengawas Sekolah Propinsi Lampung

Diklat Pengawas Sekolah Propinsi Bengkulu

Diklat Pengawas Sekolah Propinsi Banten

Penilaian Diri dan Uji Kompetensi Guru Penjas dan BK Online

Diklat Fungsional Guru BK SMA/SMK

DiklatTeknis Guru BK SMP, SMA/SMK

Diklat Fungsional Guru Penjas SMA/SMK

Diklat Teknis Guru Penjas SMP, SMA/SMK

Peningkatan Kompetensi Guru Penjas dan BK melalui Diklat Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Pendidikan dan Pelatihan Pustakawan Sekolah

Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru Penjas dan Guru BK

Lomba Keberhasilan Pembelajaran Guru Penjas

Lomba Keberhasilan Pengelolaan Pelayanan BK

Pekan Olah Raga PTK Nasional

Pekan Olah Raga dan Kreatifitas PTK (12 P4TK)

Pengumuman

Program

Program PPPPTK Penjas dan BK Tahun 2012

Diklat:

  1. Diklat Reguler (Teknis Substantif dan Fungsional)
  2. Diklat Pengawas Sekolah
  3. Diklat Pola Region
  4. Diklat Penilaian Kinerja Guru  BK (NCT, PCT, DCT)
  5. Bimbingan Teknis KTI pada KKG/MGMP Penjasorkes dan MGBK
  6. Diklat Berbasis Internet (E-Training)

Fasilitasi:

  1. Lomba Pengembangan Model Pembelajaran Penjas
  2. Lomba Pengembangan Model Pelayanan BK
  3. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling
  4. Majalah Keguruan "Cares"